SMK WIRA UTAMA

SMK Rujukan sebagai Pusat SMK Unggulan dan Efektif

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019 yang mana salah satu programnya menyatakan setiap Kabupaten/Kota memiliki minimal 1 Sekolah Menengah Rujukan/Model. Dalam mewujudkan rencana tersebut diperlukan sebuah pembinaan kepada SMK yang selanjutnya untuk ditetapkan dan dikembangkan menjadi SMK Rujukan.

Rencana ini merupakan sebuah upaya yang perlu dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan dan memerlukan sinergi antar subdirektorat di lingkungan Direktorat Pembinaan SMK sesuai dengan tugas dan fungsinya. Agar SMK tersebut dapat mencapai profil/kinerja SMK Rujukan sesuai dengan yang direncanakan.

Dalam proses pembinaannya perlu dilakukan secara berkesinambungan hal ini guna mencapai profil/kinerja SMK Rujukan sebagai SMK yang memiliki Kinerja unggul, akses besar, dan efektif dalam pengelolaan institusi, selain itu SMK Rujukan juga harus berbagi sumber daya yang dimilikinya dengan SMK aliansinya sehingga dapat mendukung program peningkatan dan pemerataan mutu SMK di seluruh Indonesia.